22 Juli 2008

Bahaya Rokok

Mungkin bagi yg tw gw perokok bakal bertanya, udh tw bahaya rokok sampe posting ttg bahayanya rokok tp koq masih ngerokok???

Nah jujur saja gw juga ingin berhenti merokok, hmpr smw perokok pasti ingin berhenti merokok... cuman ya itu g semudah membalikkan telapak tangan...
Gw pernah mengalami masa tidak merokok, merokok, perokok, berhenti merokok dan kembali menjadi perokok lagi. Bedanya merokok ma perokok ya klo merokok cmn sebatas pada lagi ingin atau saat2 tertentu saja dan intensitasnya cukup rendah. Klo perokok, merokok itu sudah menjadi bagian hidup.



Hmm... kembali ke bahaya rokok... pada asap rokok terdapat bahaya2 seperti berikut :
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Secara tidak langsung perokok membuang asap rokok ke umum akan membuat orang sekitar merasakan atau menghirup asap rokok tersebut dan menjadi perokok pasif. Maka dari oleh sebab itu sekarang mulai digalakkan pelarangan merokok di tempat umum.

yah lumayanlah sebagai tamparan bagi para perokok dan bagi gw sendiri agar dapat berhenti merokok. Cuman mw berbagi saja, merokok itu dapat menghilangkan stres untuk sejenak, menenangkan pikiran meskipun cuman sugesti. Gw g tw sugesti ato ngga, cuman yah itu yg gw rasakan.

Bagi yg tidak merokok jgn mencoba atau membuktikan apakah sugesti ato bukan.... soalnya klo sudah mengenal sekali ya bakal knal terus. Istilahnya bakal berbekas, jadi susah dilupakan. Beruntunglah orang-orang yang tidak merokok. Mungkin penyesalan terbesar saat ini yang gw rasakan adalah gw pernah mencoba atau "belajar" merokok. Tapi disamping itu, gw juga bersyukur krna gw dah bisa sampe skrg ini jg krna "bantuan" rokok. Gw ngerokok lagi awalnya sbgai penahan rasa ngantuk, krna gw g blh terlalu banyak mnm kopi yang klo di gw kopi juga g ngefek sbgai penahan rasa ngantuk.

Yah... setiap jalan yg diambil pasti ada resikonya, tinggal sebesar apa org sanggup menanggung resiko tersebut. Ya resiko yg gw ambil jadi kecanduan rokok. Mudah2an yg lain tidak mengambil pilihan yang sama. Karena kalo diibaratkan hidup adalah sehelai kain putih yang bila terkena noda tidak akan bisa terhapus sama sekali, tinggal memilih dibiarkan seperti itu atau merubah warna kain putih menjadi warna noda?

6 komentar:

[PaW] mengatakan...

hayu' sur,, berhentilah merokok.. ahaha

sini masuk geng "pria sehat tanpa tembakau". Hahahaha :))

Petra Barus mengatakan...

setuju ama paw

Surya mengatakan...

yah doakan saja kawan...
mdh2an bisa berhenti secepatnya

harimau_sumatra_belang_belang mengatakan...

sudah, bakar saja semua rokokmu itu sur

Surya mengatakan...

@oon : ni juga gw bakar trs on
gw isep trs, tp ada molo on di warung... g abis2... pusing ane >.<

Anonim mengatakan...

surya keren!! yang penting ada niat sur,, gw jujur aja lebih respek sama yang kayak gini nih, daripada yg ngerokok buat gaya,,hehe..macem2 aja..