17 Agustus 2008

Menjaga Perasaan

Menjaga perasaan merupakan suatu hal yang bisa dibilang sangat cukup sulit dilakukan. Kenapa? Karena menurut gw, untuk menjaga perasaan baik dalam diri ataupun orang lain diperlukan suatu empati, simpati, tenggang rasa, dan perasaan-perasaan yang lain.

Sejauh ini yg bisa gw lakuin cuman baru sebatas menjaga perasaan orang lain walaupun cukup bertentangan dengan apa yang gw inginin. Ya bwt gw klo lg sadar gw lbih milih bohong ato lakuin yang orang lain inginin daripada orang lain merasa sakit hati ato apalah...

Hmm... menjaga perasaan orang lain beda dgn menjaga perasaan dlam diri sendiri. Maksudnya gini, misal dalam menjalin hubungan yang sudah biasa dibilang "Pacaran" dalam diri pasangannya harus bisa menjaga perasaan pasangannya n diri sendiri. Nah menjaga perasaan dalam diri sendiri ini juga menyangkut dalam menjaga perasaan orang lain. Terkadang orang yang tidak bisa menjaga perasaannya sendiri namun memikirkan perasaan pasangannya terlibat dalam perdebatan batin dimana ia harus memilih antara membohongi pasangannya demi menjaga perasaan orang lain namun apakah harus berbohong terus-menerus? sampai kapan harus berbohong? apakah pasti akan kembali perasaan yg dulu? g tw juga kan...

Nah yg satu lagi, jujur secara langsung mengatakan yang dirasakan dan menyakiti perasaan pasangannya secara langsung. Kata org sih mendingan jujur, soalnya sakit hatinya cmn 1x drpd klo bohong dl, jadi sakit hatinya gara2 2 alasan. Sejauh ini yng gw rasain sama salahnya baik mw jujur ato mw bohong. Toh 2-2nya sama2 menyakiti perasaan pasangannya. Jalan yg gw ambil skrg ini gw rasa salah bgd, gw memilih untuk jujur. Yuph perasaan bersalah yg berkepanjangan menyiksa diri gw. Klo gw pikir2, klo ajh dolo gw g jujur, skrg pasti lg snang2 hahaha... tp dgn perasaan bersalah yg g terlalu beda...

Yh inilah susahnya klo menjalin hubungan, memang untuk belajar dalam pendewasaan diri butuh effort yg sangat besar. Skrg yg gw bs lakuin cmn belajar dri pengalaman, memahami hikmahnya, dan mudah2an perasaan bersalah ini cpet pergi... jujur aja tiap detik gw menjalani hidup ini makin besar perasaan bersalah yg gw bwt... seperti kata2 yg slalu gw berusha pegang "Tiap orang memiliki pilihan jalan hidup masing-masing, dan tiap jalan yang dipilih pasti memiliki resiko, nah sejauh apa kamu bisa menanggung resiko pada jalan tersebut? Pikirkan sblum memilihnya, karena pada langkah pertama qta melangkah pada jalan tersebut, maka resiko tersebut sudah qt tanggung"

3 komentar:

Petra Barus mengatakan...

another nice post from Surya ^_^

Surya mengatakan...

@petra : thx2, just wanna share my experience, hope useful for the others

paw mengatakan...

smangat kawan! :D