16 Juli 2008

Psikopat

Apa sih psikopat?
Yang kayak apa sih?
Ngapain ngepost soal psikopat?
rada2 g da kerjaan jga sih

Jadi semalem gw kan nonton "Taking Lives" yang dibintangi Angelina Jolie
Film itu nyeritain tentang pembunuh yg psikopat...
Diilhami dari film itu, jd gw mencoba posting soal psikopat.

Gw sendiri melihat sosok psikopat sebagai sosok yang hebat, fantastis. Kenapa?
Karena pada dasarnya orang psikopat itu memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan orang yang "normal".

--

Sebutlah Hannibal Lecter dalam film The Silence of the Lambs, pembunuh sadis berpenampilan ”sempurna”. Juga para tokoh dalam film-film lain seperti Goodfellas, Sleeping with The Enemy, Cape Fear, In a Child’s Name, dan berbagai cerita film yang mengambil kisah nyata sebagai inspirasi.

Sebut saja Jeffrey MacDonald, seorang dokter yang membunuh istri dan dua anaknya pada tahun 1970, menjadi perhatian media dan tokoh dalam buku serta film Fatal Vision.

Atau John Gacy, kontraktor dari Des Planes, Illinois, anggota muda Kamar Dagang yang mendapat predikat ”Man of the Year”, si penghibur anak-anak ”Pogo Sang Badut”, yang difoto bersama Rosalyn, istri Presiden Charter, sebelum ketahuan ia telah membunuh 32 anak muda dan mengubur jasad korbannya di sekitar rumahnya.

Juga Charles Sobhraj, warga negara Perancis, lahir di Saigon, yang disebut ayahnya sebagai ”si penghancur”. Ia adalah ’legenda’ dalam kejahatan internasional; penyelundup, penjudi, dan pembunuh yang meninggalkan jejak dompet kosong, perempuan-perempuan kebingungan, wisatawan keracunan, dan begitu banyak mayat di sekitar Asia Tenggara pada tahun 1970-an.

Atau Diane Downs yang menembak mati anaknya untuk menarik perhatian laki-laki yang tidak menginginkan anak dan menggambarkan dirinya sebagai korban yang sesungguhnya.

Clifford Olson, pembunuh beruntun dari Kanada yang meminta pemerintah membayarnya 100.000 dollar AS untuk menunjukkan di mana ia menguburkan para orang muda korbannya dan melakukan apa saja agar tetap menjadi pusat perhatian.

Lalu, Richard Ramirez, membunuh 13 orang dan melakukan 30 jenis kejahatan lain termasuk perampokan, pencurian, pemerkosaan, sodomi, dan percobaan pembunuhan.
-- Dikutip dari sini

Beuh dari contoh2 psikopat diatas juga bisa dilihat klo psikopat itu memang memiliki kemampuan diatas rata2 orang normal

Pola pikir dan reaksi orang psikopat berbeda dengan orang normal. Klo g salah inget ad yg pernah bilang, reaksi org psikopat terhadap kata2 yg tidak lazim buat orang normal hanya biasa2 saja. Yah, namanya juga orang sakit jiwa. Cuman yang ngebedain dengan orang gila (yang sama2 penyakit jiwa) adalah klo orang psikopat itu sadar dengan apa yang dia perbuat.

Oh td juga nemu tanda2 org psikopat :

1. Sering berbohong, fasih dan dangkal. Psikopat seringkali pandai melucu dan pintar bicara, secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain. Seringkali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif, dan bila ketahuan berbohong mereka tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan lainnya dan mengolahnya seakan-akan itu fakta.
2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat.
3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
4. Senang melakukan pelanggaran dan bermasalah perilaku di masa kecil.
5. Sikap antisosial di usia dewasa.
6. Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, tidak ada bedanya.
7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki respon fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, gemetar -- bagi psikopat hal ini tidak berlaku. Karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah "dingin".
11. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikopat

Nah, apakah ad yang masuk gejala2 psikopat???

Mungkin da yg ngerasa "wah gw cocok nih tanda2nya yang no...,..,..,.." dll.
Kalo gw pikir sendiri dan ngebaca di sini, wah hampir semua orang itu psikopat ato bisa dibilang psikopat. Cuman kadarnya aja yang berbeda2. Sejauh ini yang paling menonjol untuk kata "Psikopat" itu seorang pembunuh.
Cuman sebenernya g itu ajah, bisa aja orang2 biasa juga seorang psikopat namun kadarnya yang kecil jadi cmn melakukan hal2 yg biasa2 saja walaupun merugikan lingkungannya.
orang psikopat yang derajatnya tinggi bisa sampai membunuh orang lain. Semakin tinggi derajat psikopat semakin tinggi juga tingkat kriminalitas yang dilakukannya, semakin jago juga dia nyembunyiin perbuatannya.

Menurut Dr.Hare, "Semakin tinggi derajat keparahan psikopatnya, semakin canggih ia menyembunyikan kejahatannya. Malah bisa jadi, orang lain yang harus menanggung kesalahan yang ia lakukan.”

Beuh, makin serem aja nih kata "psikopat". Klo menurut gw sih tetep keren. Kenapa?
soalnya gw berpandangan klo kejahatan itu suatu seni, dimana setiap orang bisa meng-apresiasikannya. Pembunuhan, perampokan, dan kejahatan-kejahatan lainnya bukanlah suatu hal yang biasa2 saja yang cuman modal nekat. Tapi juga sebuah hasil pemikiran secara seksama melihat dari berbagai sudut pandang dan faktor.
Gw g tw gimana cara seorang psikopat merangkai rencana pembunuhan sampai bisa menuduh ke orang lain soalnya g pernah jadi psikopat, cuman sejauh yg gw bisa pikir setiap kasus pembunuhan pasti ad celah untuk menunjuk pelakunya. Tinggal sejauh mana celah itu disembunyikan, nah inilah yang bwt gw salut ma psikopat dan menyadari cara berpikir mereka lbih jauh namun ke hal yang salah tapi :D

Yah cuman mw bagi2 ilmu, info dan pendapat... Thx dah mw baca

5 komentar:

shi3nzzz punya mengatakan...

ihihi.. gtw klo surya jg pny blog :D

yg pasti c gw paling ga suka ntn film2 ttg pembunuh psikopat gituh sur.. soalna biasanya berdarah darah gitu.. iuhh.. malesss...

Surya mengatakan...

wah shien, gw jga g suka klo terlalu berdarah2 mah.. jijyik...
cuman yg gw suka itu gimana dy mulai dari mw ngebunuh sampe dah beres, ngilangin jejak dsb, dsb keren dah

harimau_sumatra_belang_belang mengatakan...

hahahahaha,
top abis, gua paling suka Hannibal Lecter, psikopat paling top dah

Anonim mengatakan...

sur, jangan suka ngomongin diri sendirilah di tempat beginian, wkwkwkwkwkwk....

Anonim mengatakan...

psikopat mah uda pasti Ryan si pembunuh berdarah dingin yang (dulunya) rajin solat ama guru senam, ahaha...