29 Juli 2008

Faktor2 dalam mencintai seseorang

Setelah ngomongin soal hubungan antara 2 insan, jdi kepikiran bwt nulis ttg knp seseorang bisa suka atau cinta pada orang lain.

Pada dasarnya tiap orang memiliki sifat dan kepribadiannya masing-masing. Dari sifat dan kepribadiannya inilah tiap orang dapat tertarik terhadap orang lain. Maksudnya kyk gini, dalam menjalin hubungan atau lbih pasnya saat seseorang menyukai orang lain biasanya terdpat faktor2 dari orang lain tersebut :

1. Memiliki kesamaan. Maksudnya gini, kan tadi dah disebutkan klo tiap orang punya sifat dan kepribadian masing-masing, hal ini tidak menutup kemungkinan klo terdapat orang-orang yang memiliki sifat dan kepribadian yang sama. Contoh gini, seorang kutu buku dgn kutu buku lainnya, karena sama2 kutu buku suka saling sharing, ngobrol ngalor-ngidul tp jelas kan suka baca buku, karena merasa nyambung jd ada reaksi kimia (alah) ya intinya jadi ad perasaan suka 1 sama lain. Tapi g hanya minat ajah, bisa aja kesamaan daya tarik fisik, latar belakang, sikap dll.

2. Keakraban. Maksudnya gini, semakin akrab kita dengan seseorang maka kita akan cenderung semakin menyukainya. Dua orang yang semakin akrab juga akan "merasa" semakin memiliki banyak kesamaan. Kan banyak juga tuh yang jatuh cinta dari awalnya sahabat. Hal ni paling cocok ma pepatah "tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta" mantaf dah.

3. Kedekatan. Maksudnya gini, ingat2 jaman smu ato smp ato sd ato kuliah dah kan ad tuh temen sekelas, ato sejurusan kan ketemu trus tuh, sering interaksi, nah muncul dah benih2 cinta disini. Bisa dibilang juga cinta karena terbiasa.

4. Daya Tarik Kepribadian. Beuh makin seru nih, jadi ni faktor yg bisa dibilang cukup penting, cukup byk yg menentukan sesorang akan mencintai atau tidak dari faktor yg 1 ini nih. Karena pada dasarnya orang lebih mengukur faktor psikis seperti nilai-nilai, kepribadian, kecerdasan, prestasi, dan keberhasilan daripada faktor yang bersifat fisik seperti ketampanan atau kecantikan dan kedekatan fisik. Cuman ya seiring berjalannya waktu mulai banyak orang2 yg lebih mementingkan fisik terlebih dahulu.

5. Daya Tarik Fisik. Ah yang satu ini mah udh g aneh lagi, normalah di masyarakat. Misal cowo liad cw montok ngelewat atau cwe liad co kekar, good looking keluar dr mobil mewah.. beuh.... Tidak bisa dipungkiri klo kita terkadang menilai sesorang pantas untuk "dikejar" dgn melihat fisiknya terlebih dahulu, hal2 lain belakangan. klo kata gw mah sih yah, jikalau seseorang mencintai org lain berdasarkan fisiknya dulu, biasanya lbih didasari hawa nafsu, berlawanan dgn yg kepribadian. Cmn ya g smwnya karena tiap org beda2.

6. Daya Tarik Sosial. Ini juga udh g aneh. Cinta pada orang yg kaya, pnya kedudukan, sukses, terpandang dll. Emang g salah sih, dan wajar2 ajah. Skrg klo misal ditanya mw nikah ma org dah miskin, bodo, buyatak, madesasuse pokoknya mah, emg mw??? g tw jg sih bkl jawab apa, cmn klo gw ditanya kyk gitu pasti mikirnya berjuta2 kli mpe nungging2 dah. Knp berjuta2 kli??? kan bisa aja 1x, lgs bilang ngga... g sesimple itu kli. Hidup tuh penuh pertimbangan, status sosial di masyarakat bisa dibilang merupakan nilai tambah yang diutamakan di masyarakat skrg ini, karena masa depan dapat terjamin (walaupun tidak 100%).

Mungkin segini aja tulisannya, mumpung lg iseng... sok mangga klo mw komen2, konsultasi, ato ralat... dipersilahkan saja da saya jg msih bljr ^_^

8 komentar:

harimau_sumatra_belang_belang mengatakan...

ada gak Sur, daya tarik yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata?

yaaa misalnya : gak cantik2 amat, gak begitu kenal, gak begitu deket, ketemu cuman sekali-dua kali doang, tapi susah dilupakan dan tiap ketemu bawaannya hati itu seneng?

ada ga tuh yang kaya gitu?

Saya Ibo

Surya mengatakan...

ya ada on
klo masalah hati sih sbnernya rada susah dijelasin secara jelas dgn logika, cmn bisa dgn pendekatan

Istilahnya mah dah liad bner2 tipenya lah, tipe cw bukan berarti menurut kita itu cantik bgd, pada dasarnya menurut kita lbih menarik drpd cw yg lain, walaupun kita sadar fisiknya g seberapa. Biasanya tpi itu dr fisik on, klo dr dlmnya sih rada susah, biasanya emg udh dkt
CMIIW

Anonim mengatakan...

Wess... Ckckck... Master Surya... Kayanya perlu dinobatkan jadi Master Cinta nih, hihi...

Petra Barus mengatakan...

tapi,

bagaimana kita bisa tahu apakah perasaan kita kepada seseorang itu adalah "cinta"

Surya mengatakan...

pertanyaan retoris kyknya itu pet
yg tw perasaannya "cinta" ato bukan tuh cuman lw ma Tuhan yang tw

nih ad kutipan :
"Love is a living gift u'd never need to chase
It'll come to you at the time it had to
coz it can think, it can feel
And it has seven pairs of wing to fly and reach your heart
But when it finally walk on you
Accept it honestly
Evethough u had to put down all your pride...just smile...
Coz on it's first step, the real love never put u down"

Petra Barus mengatakan...

mendefinisikannya itu loh,

dari semua jenis perasaan. perasaan seperti apakah yang disebut "cinta"?
indikator-indikator apa yang digunakan untuk mendefinisikan "cinta"?

LaRiZ mengatakan...

faktor2nya bisa dirangkum jadi satu kata "chemistry" tak?
*untuk menjelaskan keresahan bung indra soaloon yg mengaku Ibo ;P

Surya mengatakan...

@petra : sry jwbnnya lama... sebenrnya itu salah satu pertanyaan yg sampe skrg blm gw temui jawabannya yg general... gimana yah.. soalnya yg disebut perasaan cinta tidak bisa di generalisasi, jd bingung ngejawabnya... mungkin akan tw sendiri jwbnny ketika waktunya tiba ^_^

@laris : bisa2... thx masukannya ^_^