09 September 2008

"Polisi tidak profesional"

banyak bgd sekarang ni di TV disiarkan kasus-kasus salah tangkap yang dilakukan kepolisian Republik Indonesia. Ad yang udh di tahan 6 bulan baru diketahui g bersalah, ad pasien RSJ yang ditangkep gara-gara narkoba, beuh cem macem lah.
Pa lagi ktnya tiap tersangka itu disiksa agar mengakui perbuatannya padahal kan blm tentu juga klo tersangkanya itu bersalah. Kayakny ngikutin film2 barat di TV, tampak keren kli y...
Fenomena polisi g prof sih dah dari jaman fir'aun make popok. Contoh kasus paling gampang sih pas di-"tilang", ah pasti dah pd tw lah soal kyk ginian mah. Pertama-tama :
Polisi : "Selamat siang, pak/bu!" (yah intinya salam)
Qta : (salam balik lah)
Polisi : "Boleh liat SIm dan STNK nya?"
Qta : "Ini pak"
Polisi : "Bapak/Ibu tahu sudah melakukan pelanggaran apa?"
Qta : (Jelas merasa tidak bersalah :D) "Tidak pak"
Polisi : (Mulai mencari2 kesalahan dan dihubung2in ma pasal2 yg byk... oh iya, wktu itu gw prnh ditunjukin kertasnya cmn beberapa lembar sih berbentuk tabel, kesalahan apa n bayar brp hahaha...) dan akhirnya "Mau sidang atau nitip aja?"
nah ini tanda2nya hahahaha....
Langsung deh keluarin duit yah gmn negonya dah...

nah pengalaman kyk gini udh g asing jg bwt gw yg sering bgd ditilang gara2 g make helm lah, nyelonong lampu merah, langgar rambu apa kek, g make spion, knalpot racing, air brush body, beuh pusing dah... ya klo yang langgar2 rambu ma make knalpot racing n spion sih emg salah gw, cmn tetep bayar di t4 menunjukkan polisi g pro :P... tapi untuk kasus air brush body ni yg rada aneh kt gw... jadi begini ceritanya :
Pada suatu hari, di tengah2 teriknya matahari menyengat bumi ini, tampak segerombolan pria dengan baju coklat (baca:polisi) muali memotong jalan dan menggiring org untuk ikut bersama mereka satu per satu.
"Apakah hanya org2 terpilih saja yang tergiring? ataukah korban2?" pikirku dalam hati
Dan tiba2 (musik : jreng..jreng...jreng....) sesosok pria berbaju coklat menghampiriku dan ia berujar "ke pinggir dulu pak", "siap pak"...
Percakapan pun dimulai :
(Intro kyk td lah g jauh beda, lgs intinya aja)
Polisi : "Maaf pak, di STNK tertulis warna motor bapak hitam, tetapi motor bapak tidak berwarna hitam"
Gw : "heh?(setau gw kan warna dasarnya yg ditulis di stnk, klo smw warna mah beribet atuh pak) oh gitu yh pak..."
Polisi : "Iya, jadi bapak harus saya tilang"
Gw : (mulai beraksi)"wah pak jgn ditilang dong pak"
Polisi : "ya klo mw nitip jg bisa pak"
Gw : "brp pak?"
Lupa gw nyebutin brp duit, pokoknya sayang dah bwt dikeluarin klo goceng sih gpp :D
Gw : "y udh pak sidang ajah, emgnya harusnya di STNK tulisnya warna apa pak??"
Polisi : "yakin mw sidang? harusnya Hitam Kombinasi"
Gw : (tambah bingung emgnya ada y Hitam Kombinasi???) "yakin pak, sidang aja deh"
(lgs deh pake cara pamungkas biar g ditilang :D) "ntar bakal diambil ma om saya koq pak, jd gpp sidang juga"
Polisi : "?!? emgnya siapa om kamu??"
Gw : "*** (disamarkan saja ah g enak bokap temen), KaSat Intel Kapolda Jabar"
Trs tuh polisi ke temennya dulu, kyknya sih nanyain bener apa kaga hehehe
Polisi : "Y udh, ntar lain kli STNKnya diganti yak, jgn ampe ketangkep saya lagi"
Gw : "Woke pak"


Hah emg susah klo polisi mw pro minimal jujur dah. Emg sih g smw kyk gitu tp kyknya yg sering kejadian yg kyk gitu hehehe... Klo dipikir2 mw jd polisinya aja modalnya dah adu kenceng2an bayar duit, jd mw gmn jujurnya ~.~

Yah mudah2an ajah kedepannya bisa jadi lebih baik lagi, amiin.... oh iy klo ad yg merasa tersinggung, mohon maaf lahir dan bathin. Kan diutarakan berdasarkan fakta dilapangan :D

1 komentar:

Anonim mengatakan...

huff, another police stories sur.
waktu daku sd banyak lho yang pengen jadi polisi. ngeliat kondisi sekarang, penasaran. masih ada gak ya anak2 yang bercita2 jadi polisi.