30 November 2008

Presentasi Proposal TA gw

Judul : Studi dan Implementasi Steganografi Pada Video Berformat Matroska Menggunakan Metode DWT

Gw bagi jadi 3 bagian, Steganografi, Matroska, dan DWT

informasi adalah sutau hal yang penting dlm kehidupan kita sehari2. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan kita akan informai semakin meningkat. Diiringi dengan kemajuan teknologi, penyaluran informasi pun menggunakan berbagai media sprti media digital. Ada permasalahan ketika suatu informasi hanya ingin diketahui orang2 tertentu saja atau bersifat rahasia. Untuk menanggulangi masalah ini kita bisa menggunakan kriptografi. Dimana dengan kriptografi kita merubah pesan asli menjadi seperti tidak berarti dgn menggunakan teknik2 tertentu dan dgn kunci. sehingga bila org lain ingin mengetahui isi pesannya tidak bisa, hanya mendapat pesan tak berarti. Dan orang2 yg dituju dapat menggunakan kunci yg sama agar dapat pesan aslinya.

Nah ad permasalahan lagi, org2 luar pasti menyadari bahwa pesan tersebut sbnrnya rahasia, jadi bisa dirubah atau dirusak sehingga org yg dituju tidak mendapat pesan yg seharusnya. Untuk masalah ini bisa menggunakan steganografi. Dimana teknik ini menyisipkan pesan yg ingin disampaikan ke dalam berbagai media sprti gambar, video, musik dll. Untuk pesan yg jumlahnya besar bisa menggunakan video. Kenapa? karena pada dasarnya video terdiri dari beberapa frame, nah bisa diibaratkan frame sama dengan gbr, bila dalam gbr bisa memuat 10kb pesan maka dalam video bisa berkali2 lipat tegantung jumlah frame dalam video tersebut.

Format video ada berbagai macam, seperti Matroska atau lebih dikenal.mkv, MPEG, AVI, Realmedia dll. Dari berbagai macam format video tersebut bisa dibilang Matroska yg paling baik. Namun ad format .ogg dimana dibuat khusus untuk low bit streaming akan lebih bagus daripada .mkv atau Matroska. Namun bila dibandingkan dengan slain itu Matroska memiliki kelebihan mampu menampung smw kompresi video dan audio.

Untuk menyisipkan pesan dalam video berformat Matroska bisa menggunakan brbagai macam cara. Steganografi dibagi menjadi 2 domain yaitu spasial dan transform. klo spasial lgs ke bagian tampaknya sprti komposisi warna, namun akan menjadi tampak secara kasat mata dan menimbulkan kecurigaan pihak lain. klo transform beda lagi, walaupun lebih rumit cuman g kan terlalu terlihat. jadi teknik ini penyisipan dilakukan ke dalam hasil dari proses transformasi frame video ke dalam domain frekuensi.

Teknik dalam domain transform pun ada berbagain macam seperti DCT, DWT, FFT dl. biasanya untuk steganografi menggunakan DCT karena plg mudah. Namun untuk video ad kekurangan DCT yaitu tidak fleksibel terhadap objek, karena fixed terhadap satu fungsi, masih ad alasan2 lainnya cuman gw males ngartiinnya hehehe yg simple2 ajah. Nah gw make DWT krna gw males mempelajari FFT :D. Nah klbihan DWT dibanding DCT adalah DWT lebih flexibel, teknik ini melihat objek jadi bisa pemanupulasian bisa tergantung objek. Lebih jelasnya ntar pas postingan seminar, blm gw dalamin lg. DWT ini suatu teknik dimana sebuah objek dirubah skalanya scara iteratif dengan menggunakan filter. nanti disalah satu bagiannya disisipi pesan yg sudah dirubah dalam bentuk ASCII, trs digabung lagi jadi gbr yg semula. Lebih jelasnya nih gbr dibawah....

Mungkin br sgini dl hehehe, namanya jg br proposal :D

Tidak ada komentar: